Pangeran Charles rayakan ulang tahun ke-70

London (ANTARA News) – Pangeran Charles dari Inggris merayakan hari ulang tahunnya yang ke-70 pada Rabu dengan menghadiri beberapa pesta untuk kalangan umum maupun kalangan terbatas.

Sementara itu, kantornya menerbitkan foto-foto baru pewaris takhta Inggris tersebut bersama keluarga dekatnya.

Charles, yang dikenal sebagai Prince of Wales dan putra tertua Ratu Elizabeth, dilahirkan di Istana Buckingham pada 14 November 1948.

Ia lahir empat tahun sebelum ibunya, Ratu Elizabeth, yang kini berusia 92 tahun, naik takhta sebagai ratu Inggris setelah ayahnya, George VI wafat.

Untuk memperingati hari ulang tahunnya, Charles akan mengikuti sebuah pesta teh khusus sambil menghormati 70 sosok penuh inspirasi yang juga merayakan ulang tahun mereka yang ke-70 tahun ini.

Setelah itu, ia akan menghadiri acara tertutup bagi teman-teman dan keluarga. Ratu akan bertindak sebagai tuan rumah untuk pesta tersebut.

Sebagai pewaris takhta, Charles telah menunggu lebih lama dibandingkan para pendahulunya untuk menjadi raja. Ia juga akan menjadi raja tertua dalam garis keturunan, yang telah bergulir selama 1.000 tahun.

Charles telah menggunakan posisinya untuk melakukan kampanye pada berbagai topik, termasuk perubahan iklim, arsitektur dan pertanian. Ia kerap menyuarakan kekhawatiran soal lingkungan, kata para pendukungnya.

“Waktu ibu saya menggantikan dan menjadi ratu dan kakek saya meninggal masih sangat muda, dalam usia 57 tahun, saya menjadi pewaris takhta pada usia empat tahun,” kata Charles dalam program dokumenter BBC yang disiarkan pekan lalu.

Foto-foto baru memperlihatkan Charles berada di kebun di kediamannya di London, Clarence House, bersama istri keduanya, Camilla, putranya William dan Harry beserta istri-istri mereka Kate dan Meghan. Di foto itu, juga terlihat anak-anak William dan Kate, George, Charlotte dan Louis.

Dalam film dokumenter BBC itu, William mengatakan ia berharap ayahnya yang pekerja keras itu akan menghabiskan waktu lebih banyak dengan cucu-cucunya.

“Sekarang beliau sudah berumur 70 tahun, ini waktu yang tepat untuk sedikit lebih memperkuat (ikatan, red) seperti yang kebanyakan dilakukan keluarga… Yang saya tahu beliau sangat bugar tapi pada saat yang sama saya juga ingin beliau tetap bugar saat usia 95, jadi kalau bisa lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan beliau, itu akan menyenangkan,” katanya.

Baca juga: Pangeran Charles disetujui pimpin Persemakmuran

 
Sumber: Reuters
Editor: Tia Mutiasari/Mohamad Anthoni

Pewarta:
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2018