| by admin | No comments

3.976 MW Pembangkit Listrik Ditargetkan Beroperasi di 2019

Illustrasi. MI/Ramdani.

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan operasi komersial atau commercial operation date (COD) pembangkit listrik di 2019 sebesar 3.976 megawatt (MW).

“Target COD 3.976 MW di 2019,” kata Direktur Pembinaan Program Ketenagakerjaan Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu di kantor Ditjen Ketenagalistrikan, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Januari¬† 2019.

Dengan bisa dioperasionalkannya besaran tersebut maka target kapasitas terpasang pembangkit tahun ini menjadi sebesar 66.565 MW. Sementara hingga akhir tahun lalu kapasitas terpasang pembangkit mencapai 62.589 MW. 

Dalam kesempatan yang sama Dirjen Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Someng mengatakan ia belum bisa menjabarkannya sebab masih dalam tahap pembahasan rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL) dan ditargetkan bisa diselesaikan Januari ini.

“RUPTL drafnya baru kami terima, masih ada satu hal yang belum pas antara gatrik (Ditjen Ketenagalistrikan) dan PLN,” tutur Andy.

Sementara itu, kapasitas penambahan transmisi tahun ini ditargetkan sebesar 15.195 kilometersirkit (kms) serta penambahan gardu induk tahun ini ditargetkan sebesar 27.631 mega volt ampere (MVA). Adapun nilai investasi untuk infrastruktur ketenagalistrikan ditargetkan sebesar USD12,04 miliar.

(SAW)