| by admin | No comments

Chevron Jual Lifting Minyak di Rokan ke Pertamina

Pertama kalinya lifting minyak mentah Chevron untuk Pertamina (Foto: Kementerian ESDM)

Jakarta: Chevron Pacific Indonesia untuk pertama kalinya menjual hasil lifting minyak mentahnya di Blok Rokan ke PT Pertamina (Persero). Selama ini sebagian besar minyak mentah bagian Chevron dijual untuk ekspor.

“Ini menjadi sebuah torehan sejarah baru karena baru kali ini lifting minyak Chevron untuk Pertamina,” ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Rabu, 16 Januari 2019.

Adapun besaran minyak mentah yang dijual mencakup 200 ribu BBLS jenis Sumatran Light Crude (SLC). Nantinya minyak mentah tersebut akan diolah oleh Pertamina di Kilang RU V Balikpapan yang dibawa dengan menggunakan tanker MT Griya Cirebon.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan Pertamina akan mengupayakan penyerapan minyak mentah bagian Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan kilang dalam negeri. Harapannya dengan langkah tersebut dapat mengurangi impor minyak mentah.

“Selama ini, minyak mentah bagian KKKS sebagian besar di ekspor, sementara di sisi lain Pertamina masih harus mengimpor minyak mentah dan kondensat sekitar 342 ribu barel per hari,” ujar Nicke.

Adapun lifting minyak mentah yang dilakukan Chevron untuk Pertamina ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti implementasi Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 42 Tahun 2018 mengenai Prioritas Pemanfaatan Minyak Bumi untuk Pemenuhan Kebutuhan Dalam Negeri.

(ABD)