| by admin | No comments

Pemerintah Targetkan Tahun Ini Semua Desa Terang Benderang

Illustrasi. Dok : PLN.

Jakarta: Pemerintah menargetkan untuk desa berlistrik di tahun ini mampu mencapai 100 persen. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasinya 99,38 persen.

“Harapannya 2019 tugas besar desa listrik itu 100 persen, tahun lalu 99,38 persen,” kata Dirjen Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Someng, di kantornya, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 10 Januari 2019.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pembinaan Program Ketenagakerjaan Jisman Hutajulu mengatakan ada 1,6 juta desa di Tanah Air. Dari jumlah tersebut sebanyak satu jutanya belum terlistriki.

Dia bilang tahun ini fokus desa yang belum akan dilistriki yakni di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Kalimantan Tengah dan Jawa Timur. Labih lanjut Jisman mengatakan untuk Jawa Timur Menteri ESDM Ignasius Jonan telah meminta pada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk menyediakan anggaran untuk melistriki desa.

Selama ini memang PLN telah menggunakan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) untuk digunakan dalam program instalasi listrik gratis pada rumah tangga yang selama ini belum bercahaya.

“Kemarin Pak Menteri ke Jawa Timur dan minta ke Bu Khofifah untuk menggunakan anggaran mereka untuk itu,” jelas Jisman.

(SAW)