| by admin | No comments

Pertamina Tancap Gas di Blok Rokan Tahun Ini

Jakarta: PT Pertamina (Persero) menyatakan transisi pengelolaan Blok Rokan dari Chevron Pacific Indonesia akan dilakukan lebih awal sejak tahun ini. Meskipun perseroan baru akan memiliki hak kelola secara resmi pada 2021.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu mengatakan pihaknya telah mulai menjalin koordinasi dengan Chevron serta Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) dalam masa transisi saat ini.

“Transisi Rokan pada dasarnya akan dilakukan dengan cara yang lebih advance, dimulai dari tahun ini dengan membangun sebuah kolaborasi antara Pertamina, Chevron, dan SKK Migas,” kata Dharmawan di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Januari 2019.

Dharmawan mengatakan dalam masa transisi ini, Pertamina akan mengganti pipa untuk mengaliri minyak mentah di Blok tersebut tanpa harus menunggu pengoperasian di 2021. Hal tersebut pun telah disetujui Chevron. Adapun pipa yang akan diganti yakni untuk jalur Minas-Duri-Dumai serta Batam-Bangka Dumai.

“Karena harus di-maintenance sekarang. Jika digantinya nunggu 2021 maka akan ada jeda dan ditakutkan pipa itu tidak bisa berfungsi. Jadi untuk mencegah adanya produksi yang tidak bisa dialirkan karena pipanya enggak dirawat maka diputuskan diganti sekarang,” tutur Dharmawan.

Selain penggantian pipa, upaya tancap gas dalam masa transisi yakni kegiatan pengeboran di blok yang masih dikuasai Chevron yang mana dimungkinkan bagi Pertamina untuk ikut berpartisipasi. Darmawan menuturkan saat ini sedang dilakukan optimalisasi jumlah sumur terutama terkait bagaimana bisnis modelnya.

“Supaya pengeboran bisa dilakukan tahun ini juga,” ujar dia.

Lebih jauh, nantinya Chevron juga akan membagikan pengetahuan yang mereka miliki pada Pertamina. Dia bilang model transisi ini merupakan suatu langkah yang sangat baik dengan tujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan manfaat dari Blok Rokan.

Dirinya menambahkan Pertamina pun telah membentuk anak usaha yang nantinya akan mengelola Rokan mulai 2021 yakni Pertamina Hulu Rokan yang dibentuk sejak akhir Desember lalu.

“Pertamina Hulu Rokan telah dibentuk pada 20 Desember, di mana pada 21 lakukan pembayaran signature bonus dan ditargetkan untuk tanda tangan PIC-nya akan dilakukan bulan ini,” jelas dia.

(AHL)